Keuntungan dan Kerugian Memasang Iklan di blog

Baca juga

Kabar Buruk !!! Akun Pengguna Jaringan Iklan A-Ads Diretas Oleh Hacker

Bisnis Warnabiru.com - Beredar Kabar tidak menyenangkan bahwa jaringan iklan Crypto a-ads diretas oleh hacker.Platform iklan yang terkenal di...

5 Fakta di Balik Makna Warna Biru, Benarkah Bagus untuk Bisnis?

Siapa yang suka dengan warna biru? Mungkin bagi beberapa orang, warna tersebut hanya menjadi kesukaan pribadi. Padahal, ada fakta...

Apa itu Freelancer ? Dan Bagaimana Cara Menjadi Freelancer ?

Saat ini banyak anak milenial yang lebih memilih bekerja sebagai freelancer. Selain sebagai pilihan hidup, ada juga yang menjadi...
Tim Redaksi
Mengulas berbagai informasi seputar bisnis, finansial dan teknologi.

Keuntungan dan Kerugian Memasang Iklan di blog, WARNABIRU.com – Sekarang ini semakin banyak orang yang mulai mencoba menulis di blog. Selain bisa digunakan sebagai halaman pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang.

Salah satu cara yang paling populer adalah dengan memasang iklan di blog. Kali ini, WarnaBiru akan membahas secara rinci keuntungan dan kerugian memasang iklan di blog yang perlu dipertimbangkan.

Menghasilkan uang

Keuntungan paling nyata yang pertama dengan memasang iklan di blog adalah menghasilkan uang. Biasanya pemilik blog akan memasang harga khusus untuk penempatan di beberapa posisi tertentu. Makin strategis posisinya, maka makin mahal harganya. Selain itu, semakin banyak pengunjung blog Anda, tarif pemasangan iklan juga akan semakin mahal.

Meski demikian, perlu diingat bahwa tidak semua merek mau memasang iklan di blog tertentu. Biasanya, para pemilik merek akan melihat dulu seberapa banyak pengunjung blog Anda setiap harinya, serta tema apa yang biasa Anda tulis di sana. Jika dianggap sesuai, barulah mereka akan mengajak Anda berunding tentang pemasangan iklan.

BACA JUGA: Mana yang Lebih Baik Antara Iklan dan Afiliasi?

Blog terlihat lebih profesional

Ketika seseorang melihat iklan di sebuah blog, biasanya mereka akan segera menyimpulkan bahwa laman Anda bukanlah blog amatir. Hal ini dibuktikan dengan adanya perusahaan atau merek yang mau memasang iklan di blog Anda. Meski demikian, Anda juga perlu memerhatikan tampilan blog agar tampak lebih menarik dan profesional. Tampilan blog yang berantakan justru akan mengurangi kemungkinan blog Anda dilirik oleh perusahaan atau merek yang ingin memasang iklan.

Membuat blog semakin populer

Memasang iklan juga merupakan salah satu cara membuat blog Anda semakin populer di antara agensi yang mencari tempat untuk memasang iklan. Terutama jika pelanggan yang memasang iklan tersebut puas dengan hasil yang berhasil diberikan oleh blog Anda. Semakin banyak pengunjung maupun pengiklan mengetahui tentang blog Anda, semakin besar pula kemungkinan pengiklan lain akan menghubungi Anda.

Waktu memuat laman blog lebih lama

Salah satu kerugian yang akan sangat terasa oleh pengunjung adalah waktu memuat laman blog yang lebih lama. Hal ini karena biasanya ukuran gambar iklan yang terlalu besar sehingga sulit untuk tampil dengan lebih cepat. Apalagi jika pengguna memiliki koneksi internet yang kurang kencang, maka menunggu laman termuat sepenuhnya bisa menjadi hal yang mengganggu bagi sebagian orang.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menegosiasikan ukuran gambar iklan yang sesuai agar tidak terlalu menjadi beban saat memuat laman blog. Memang penempatan iklan yang lebih kecil biasanya akan lebih murah, namun hal ini tidak akan merugikan pengunjung laman Anda. Lagipula, ketika kenyamanan pembaca terjaga, artinya pengunjung akan tetap suka dengan laman Anda dan ini berarti jumlah pengunjung juga akan tetap terjaga.

Membuat blog turun peringkat hingga terdeteksi sebagai virus

Ada kalanya iklan malah membuat blog turun peringkat. Misalnya jika iklan terlalu mengganggu atau karena terlalu banyak iklan di blog Anda. Kemungkinan lain adalah membuat blog Anda terdeteksi sebagai virus gara-gara iklan pop up yang terpasang pada blog Anda. Karena beberapa kerugian tersebut, maka Anda perlu berhati-hati jika akan memutuskan untuk memasang iklan. Terutama jika Anda ingin mencoba iklan pop up.

Mengganggu tampilan laman blog

Pernahkah Anda membuka suatu laman situs web dan hal pertama yang muncul adalah iklan yang begitu besar hingga menutupi laman utama? Tidak nyaman, bukan? Kebanyakan orang merasa kesal dengan iklan yang demikian. Meski iklan seperti ini umumnya jauh lebih mahal, namun Anda akan mengorbankan kenyamanan para pembaca blog Anda.

Jika Anda berniat untuk memasang iklan, pastikan posisinya tidak mengganggu pandangan sehingga pembaca kesulitan membaca halaman utama. Jika memang Anda ingin memasang satu halaman penuh iklan, pastikan mudah menutupnya kembali agar tidak merepotkan bagi pengunjung yang ada di laman blog Anda.

Pengunjung tidak suka dengan iklan yang terlalu banyak

Tidak semua orang suka melihat iklan, dan sebagian orang malah terganggu dengan adanya salah satu metode pamasaran tersebut. Meski demikian, pemasangan yang pas dan tidak mengganggu pandangan tentu masih bisa ditoleransi oleh pengunjung laman blog Anda. Sayangnya, sekarang ini banyak pemilik blog yang terlalu fokus dengan mendapatkan penghasilan dari blog sehingga kurang memerhatikan kenyamanan pembacanya. Hal ini lama-kelamaan malah akan membuat pengunjung kabur dari blog Anda.

BACA JUGA: Bisnis Afiliasi Terbaik di Indonesia yang Harus Anda Tahu

Meskipun memasang iklan merupakan langkah yang mudah untuk mendapatkan penghasilan melalui blog, bukan berarti Anda bisa melakukannya tanpa strategi yang tepat. Karena seperti yang telah dijelaskan di atas, memasang iklan secara sembarangan justru akan membuat pembaca merasa kesal dan kemungkinan kabur dari laman blog Anda. Pada akhirnya, hal ini akan membuat angka pengunjung semakin turun dan Anda (begitu juga dengan pengiklan) tidak akan menginginkan hal ini.

Dengan menggunakan strategi yang baik dan tepat, tidak hanya iklan dapat menambah pemasukan Anda dari blog, namun juga membuat tampilan blog lebih profesional. Selain itu, blog Anda akan semakin banyak dikunjungi oleh pengujung.

 

Pos Terkait

BELUM Diterima Adsense? Berikut Daftar Iklan Alternatif AdsenseYang Bisa Dicoba

Selain Google Adsense sebenarnya ada banyak layanan iklan yang bisa membantu Anda menghasilkan uang lewat blog. Jadi, jangan kecewa dulu jika Anda tidak lolos Google Adsense

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini

Berita Terbaru

Kabar Buruk !!! Akun Pengguna Jaringan Iklan A-Ads Diretas Oleh Hacker

Bisnis Warnabiru.com - Beredar Kabar tidak menyenangkan bahwa jaringan iklan Crypto a-ads diretas oleh hacker.Platform iklan yang terkenal di...

5 Fakta di Balik Makna Warna Biru, Benarkah Bagus untuk Bisnis?

Siapa yang suka dengan warna biru? Mungkin bagi beberapa orang, warna tersebut hanya menjadi kesukaan pribadi. Padahal, ada fakta penting di balik warna biru,...

Apa itu Freelancer ? Dan Bagaimana Cara Menjadi Freelancer ?

Saat ini banyak anak milenial yang lebih memilih bekerja sebagai freelancer. Selain sebagai pilihan hidup, ada juga yang menjadi freelancer karena terpaksa. Baik karena...

Jenis Investasi Menguntungkan Tingkat Resiko Rendah Hingga Tinggi

Money Warnabiru.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memutar kembali dana yang dimiliki agar tetap menghasilkan. Salah satunya dengan melakukan investasi.Ada beberapa...

Apa Keuntungan Investasi Emas? Berikut Penjelasannya

Money WARNABIRU.com - Investasi Emas adalah salah satu pilihan investasi yang sangat menguntungkan dan cocok dilakukan oleh orang yang tidak ingin mempertaruhkan aset terhadap...

Pilihan Editor