Apa itu Freelancer ? Dan Bagaimana Cara Menjadi Freelancer ?

Baca juga

Kabar Buruk !!! Akun Pengguna Jaringan Iklan A-Ads Diretas Oleh Hacker

Bisnis Warnabiru.com - Beredar Kabar tidak menyenangkan bahwa jaringan iklan Crypto a-ads diretas oleh hacker.Platform iklan yang terkenal di...

5 Fakta di Balik Makna Warna Biru, Benarkah Bagus untuk Bisnis?

Siapa yang suka dengan warna biru? Mungkin bagi beberapa orang, warna tersebut hanya menjadi kesukaan pribadi. Padahal, ada fakta...

Apa itu Freelancer ? Dan Bagaimana Cara Menjadi Freelancer ?

Saat ini banyak anak milenial yang lebih memilih bekerja sebagai freelancer. Selain sebagai pilihan hidup, ada juga yang menjadi...
Tim Redaksi
Mengulas berbagai informasi seputar bisnis, finansial dan teknologi.

Saat ini banyak anak milenial yang lebih memilih bekerja sebagai freelancer. Selain sebagai pilihan hidup, ada juga yang menjadi freelancer karena terpaksa. Baik karena pilihan hidup maupun terpaksa karena keadaan sehingga bekerja sebagai freelancer, apabila ditekuni pekerjaan freelancer cukup menghasilkan untuk hidup. Bahkan ada yang berpendapatan lebih dari pekerjaan freelancer-nya. Sebenarnya apa itu freelancer ?

Freelancer atau juga disebut part timer adalah pekerjaan yang tidak terikat dengan satu perusahaan. Tetapi freelancer seperti seorang kontraktor proyek yang mengerjakan proyek dari pemberi kerja. Ikatan antara freelancer dengan pemberi kerja hanya sebatas pekerjaan yang dikerjakan.

Karena freelancer bukan pekerjaan tetap maupun bukan pekerjaan kontrak, maka pemberi kerja tidak menanggung pajak freelancer (bila ada yang harus dibayar freelancer), jaminan kesehatan, jaminan kerja dan sederet fasilitas yang biasa didapatkan karyawan di perusahaan.

Seperti halnya dalam pekerjaan proyek, pekerjaan yang dijalankan oleh freelancer bukan pekerjaan jangka panjang, tetapi pekerjaan dalam satu waktu tertentu. Setelah pekerjaan selesai, sudah tidak ada ikatan apapun antara freelancer dan pemberi kerja, seperti memberi PHK atau pesangon. Tetapi kadangkala, apabila klien puas dengan pekerjaan freelancer, klien sebagai pemberi kerja akan memberi bonus.

Dalam pekerjaan freelancer, ada pekerjaan yang full online, tetapi juga ada pekerjaan yang harus datang ke tempat kerja. Yang manapun, apabila sistem kerjanya pemberi kerja hanya memberi pekerjaan untuk proyek tersebut dan kemudian selesai tanpa ikatan, keduanya adalah pekerjaan freelancer.

Apa itu freelancer yang pekerjaannya harus datang ke tempat kerja ? Ada banyak, misalnya :

  • Pekerja event, seperti acara konser, pameran, pernikahan.
  • Ojek online
  • Guru les

Dan apa itu freelancer online ? Freelancer online adalah pekerjaan yang dilakukan online secara penuh. Dari proses klien mencari pekerja freelancer atau freelancer yang menawarkan pekerjaan ke klien, hingga proses pekerjaan cukup dilakukan di depan komputer tanpa klien dan freelancer bertemu.

Apa saja pekerjaan freelancer online ? Banyak profesi yang dapat dikerjakan online :

  • Programmer
  • Desain grafis
  • Penulis
  • Digital Marketer
  • Translator
  • Guru les online

Baik sebagai freelancer online maupun freelancer offline, agar sukses untuk mendapatkan pekerjaan dan meskipun dengan status freelancer, klien bisa jadi langganan, maka perlu mempersiapkan diri dengan baik.

Beberapa hal yang harus disiapkan :

1. Asah Keahlian

Bidang kerja apa saja di dunia freelancer, sangat bergantung dengan keahliannya. Berbeda dengan bekerja di perusahaan seperti biasanya yang datang ke tempat kerja, profesi dengan keahlian khusus hanya pada posisi dan pekerjaan tertentu. Selebihnya dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan umum yang lebih banyak. Dan lebih penting bisa team work.

Di dunia freelancer, sebagian besar membutuhkan keahlian khusus yang harus terus diasah agar semakin ahli. Dan pekerjaan lebih banyak harus bisa bekerja sendiri. Jadi disiplin diri, selalu mengasah keahlian menjadi kewajiban seorang freelancer.

2. Siapkan Portofolio atau Profil LinkedIn

Sebagai pekerja yang berkali-kali apply pekerjaan, selalu siapkan portofolio pribadi. Portofolio pribadi dari hasil karya pribadi, jangan sekali-kali menggunakan karya orang lain dan diakui sebagai portofolionya.

Untuk pekerjaan yang tidak bisa menggunakan portofolio sebagai bukti kerja, selalu update LinkedIn setelah selesai project.

Salah satu pertimbangan klien untuk mempekerjakan seorang freelancer adalah portofolio atau profil LinkedIn yang membuktikan keahlian dan pengalaman freelancer.

3. Buat Daftar Riwayat Hidup

Selalu pastikan daftar riwayat hidup yang dikirimkan ke klien adalah daftar riwayat hidup yang paling update. Daftar riwayat hidup cukup diisi dengan singkat dan jelas tentang keahlian dan pengalaman proyek atau pekerjaan.

Untuk pendidikan, tidak perlu menulis semua jenjang pendidikan yang pernah dilalui. Cukup pendidikan terakhir.

Selain itu, pastikan membuat tampilan daftar riwayat hidup yang menarik. Tidak seperti dulu, saat ini banyak template daftar riwayat hidup yang menarik di internet dan gratis, seperti template daftar riwayat hidup dari Canva.

4. Gabung Grup Freelancer

Bergabung dengan grup freelancer mempunyai keuntungan tersendiri. Sebelum terdapat banyak freelancer di Indonesia, sangat jarang komunitas freelancer. Untuk memulai, harus benar-benar belajar dan mencoba sendiri dari nol.

Dengan bergabung di komunitas, bila ada kesulitan atau tips-tips untuk bisa sukses mendapat job. Akan selalu ada anggota komunitas yang sudah berpengalaman berbagi tips-tips dan membantu bila ada kesulitan.

Selain itu, di grup komunitas freelancer juga sering ada tawaran pekerjaan freelance dari sesama anggota grup.

5. Action

Setelah mempelajari apa itu freelancer, hal yang harus dilakukan adalah action. Action untuk mencoba mendaftar di platform-platform freelancer. Tidak perlu takut gagal atau tidak diterima, karena tanpa mencoba tidak akan pernah berhasil.

Lebih banyak freelancer yang memulai dengan susah payah, tidak mendapatkan proyek hingga berbulan-bulan, bahkan tahunan, sebelum mendapatkan proyek pertamanya. Setelah proyek yang pertama, kedua, selanjutnya akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan freelancer.

Pos Terkait

Menjadi Mitra Grab Food Untungnya Berlipat, Buruan Daftar Sekarang Juga

Menjadi Mitra Grab Food Untungnya Berlipat - Sekarang ini dunia kuliner sudah berkembang dengan begitu cepat dan canggih. Hal itu terbukti dengan semakin mudahnya...

Bagaimana Cara Mendaftar Jadi Mitra GoFood? Baca Informasinya Disini

Cara mendaftar jadi mitra GoFood - Mendengar kata Go-Food tentu sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang apalagi bagi kalangan milenial. Go-Food sendiri merupakan...

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini

Berita Terbaru

Kabar Buruk !!! Akun Pengguna Jaringan Iklan A-Ads Diretas Oleh Hacker

Bisnis Warnabiru.com - Beredar Kabar tidak menyenangkan bahwa jaringan iklan Crypto a-ads diretas oleh hacker.Platform iklan yang terkenal di...

5 Fakta di Balik Makna Warna Biru, Benarkah Bagus untuk Bisnis?

Siapa yang suka dengan warna biru? Mungkin bagi beberapa orang, warna tersebut hanya menjadi kesukaan pribadi. Padahal, ada fakta penting di balik warna biru,...

Apa itu Freelancer ? Dan Bagaimana Cara Menjadi Freelancer ?

Saat ini banyak anak milenial yang lebih memilih bekerja sebagai freelancer. Selain sebagai pilihan hidup, ada juga yang menjadi freelancer karena terpaksa. Baik karena...

Jenis Investasi Menguntungkan Tingkat Resiko Rendah Hingga Tinggi

Money Warnabiru.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memutar kembali dana yang dimiliki agar tetap menghasilkan. Salah satunya dengan melakukan investasi.Ada beberapa...

Apa Keuntungan Investasi Emas? Berikut Penjelasannya

Money WARNABIRU.com - Investasi Emas adalah salah satu pilihan investasi yang sangat menguntungkan dan cocok dilakukan oleh orang yang tidak ingin mempertaruhkan aset terhadap...

Pilihan Editor