5 Fakta di Balik Makna Warna Biru, Benarkah Bagus untuk Bisnis?

Baca juga

Kabar Buruk !!! Akun Pengguna Jaringan Iklan A-Ads Diretas Oleh Hacker

Bisnis Warnabiru.com - Beredar Kabar tidak menyenangkan bahwa jaringan iklan Crypto a-ads diretas oleh hacker.Platform iklan yang terkenal di...

5 Fakta di Balik Makna Warna Biru, Benarkah Bagus untuk Bisnis?

Siapa yang suka dengan warna biru? Mungkin bagi beberapa orang, warna tersebut hanya menjadi kesukaan pribadi. Padahal, ada fakta...

Apa itu Freelancer ? Dan Bagaimana Cara Menjadi Freelancer ?

Saat ini banyak anak milenial yang lebih memilih bekerja sebagai freelancer. Selain sebagai pilihan hidup, ada juga yang menjadi...
Tim Redaksi
Mengulas berbagai informasi seputar bisnis, finansial dan teknologi.

Siapa yang suka dengan warna biru? Mungkin bagi beberapa orang, warna tersebut hanya menjadi kesukaan pribadi. Padahal, ada fakta penting di balik warna biru, lo!

Biru telah menjadi warna penting sejak zaman kuno. Memasuki abad ke-19, pewarna dan pigmen biru sintetis secara bertahap menggantikan pigmen mineral dan pewarna sintetis.

Berdasarkan survei, biru adalah warna yang paling sering dikaitkan dengan harmoni, kesetiaan, kepercayaan diri, jarak, ketidakterbatasan, imajinasi, dingin, dan terkadang kesedihan.

Baik laki-laki hingga perempuan, biru adalah warna favorit. Meski identik dengan maskulinitas, namun makna warna biru sendiri luas dan tidak ada batasan.

Mengapa begitu? Pasalnya, terlepas dari jenis kelamin, biru juga kerap dikaitkan dengan simbol kecerdasan, pengetahuan, ketenangan, serta konsentrasi.

Jadi sebenernya, apa saja fakta di balik makna warna biru yang perlu kita tahu? Agar lebih jelas, simak di bawah ini…

5 Fakta Penting di Balik Makna Warna Biru

1. Biru Pernah Dianggap Warna Kelas Bawah

Biru adalah salah satu warna yang sering dipakai sejak zaman dahulu, bersamaan dengan merah, hitam, dan coklat. Berdasarkan sejarah Romawi Kuno, biru dilihat sebagai warna kelas pekerja.

Saat itu, warna biru sering dikenakan oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah berdasarkan strata sosial. Sementara orang kaya memakai warna putih, hitam, dan merah.

BACA: Penjelasan Mengenai Arti Warna Biru Beserta Kode RGB Dan Angkanya

Bahkan, pernah ada masa di mana makna warna biru dikaitkan dengan orang barbar dan sering digunakan buat menakut-nakuti musuh. Pada masanya, biru bukanlah warna yang bersahabat!

2. Jarang Ada dalam Bahan Makanan Alami

Hanya sedikit bahan makanan yang benar-benar biru selain beberapa jenis buah beri dan ikan. Menurut penelitian, orang tidak tertarik untuk memilih warna biru.

Konon, orang tidak akan memakan sesuatu yang tidak memiliki asosiasi warna positif. Hal ini berlaku buat beberapa warna, salah satunya biru.

Asosiasi biru dalam ranah makanan, ternyata lemah jika ditinjau dari segi rasa. Merah dan kuning, sampai saat ini menjadi warna makanan yang paling diincar orang.

Biru memiliki asosiasi warna yang sangat lemah dengan makanan dan rasa, tidak seperti merah atau kuning.

3. Makna Warna Biru yang Meyakinkan untuk Bisnis

Biru dikenal karena kepercayaan dan ketergantungan. Ia dapat diandalkan, bertanggung jawab, dan sanggup menenangkan mental.

Tidak seperti merah, biru memberikan lebih banyak reaksi mental yang memungkinkan kita menghilangkan stres, menenangkan diri, dan memikirkan situasi yang paling ideal.

Itulah alasan mengapa makna warna biru amat berkaitan dengan ranah bisnis dan pemasaran. Biru sering terlihat dalam jenis usaha fasilitas olahraga, rumah sakit, dan family spa.

4. Cocok untuk Cat Interior Rumah

Mengingat makna warna biru erat dengan simbol ketenangan, maka ia cocok dijadikan cat rumah atau pernak-pernik interior. Setiap ruangan dapat diberikan warna biru.

Sebagai contoh, ruang tamu berwarna biru memiliki efek menenangkan dan menstabilkan di rumah. Jika ruang tamu memiliki lantai kayu keras, warna biru adalah pilihan yang bergaya.

Ruang keluarga berwarna biru tampak bersih dan teratur tanpa mengorbankan warna. Hal serupa bisa diterapkan pada kamar guna menstimulasi istirahat yang lebih optimal.

5. Sisi Negatif Makna Warna Biru

Biru juga bisa menimbulkan perasaan sedih atau menyendiri. Perhatikan bagaimana lukisan yang sangat menonjolkan warna biru, semisal beberapa karya Pablo Picasso terdahulu.

Karya seni biru, selain simbol relaksasi, dapat menunjukkan aspek kesepian, sedih, hingga gamang. Itu juga tergantung dari jenis warna biru secara spesifik yang digunakan.

***

Itulah tadi fakta di balik warna biru yang mengisi kehidupan sehari-hari. Jadi, apakah biru cocok dengan kriteria warna kesukaan Anda? Semoga bermanfaat!

 

Pos Terkait

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini

Berita Terbaru

Kabar Buruk !!! Akun Pengguna Jaringan Iklan A-Ads Diretas Oleh Hacker

Bisnis Warnabiru.com - Beredar Kabar tidak menyenangkan bahwa jaringan iklan Crypto a-ads diretas oleh hacker.Platform iklan yang terkenal di...

5 Fakta di Balik Makna Warna Biru, Benarkah Bagus untuk Bisnis?

Siapa yang suka dengan warna biru? Mungkin bagi beberapa orang, warna tersebut hanya menjadi kesukaan pribadi. Padahal, ada fakta penting di balik warna biru,...

Apa itu Freelancer ? Dan Bagaimana Cara Menjadi Freelancer ?

Saat ini banyak anak milenial yang lebih memilih bekerja sebagai freelancer. Selain sebagai pilihan hidup, ada juga yang menjadi freelancer karena terpaksa. Baik karena...

Jenis Investasi Menguntungkan Tingkat Resiko Rendah Hingga Tinggi

Money Warnabiru.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memutar kembali dana yang dimiliki agar tetap menghasilkan. Salah satunya dengan melakukan investasi.Ada beberapa...

Apa Keuntungan Investasi Emas? Berikut Penjelasannya

Money WARNABIRU.com - Investasi Emas adalah salah satu pilihan investasi yang sangat menguntungkan dan cocok dilakukan oleh orang yang tidak ingin mempertaruhkan aset terhadap...

Pilihan Editor